Kamis, 03 Agustus 2017

Simbol-Simbol K3LH

  1. Kumpulan rambu-rambu K3 : rambu-rambu peringatan bahaya K3 di tempat kerja yang bermanfaat sebagai manajemen visual di tempat kerja.Rambu Bahaya Anjing Penjaga Rambu Bahaya Area Bahaya Asap Rokok Tembakau Rambu Area Pantauan CCTV Rambu Area Pengelasan Rambu Area Pengisian Aki Rambu Bahaya Arus Deras Rambu Bahaya Atap Mudah Pecah Rambu Bahaya Atap Rendah Rambu Bahaya Badan Terjepit Rambu Bahaya Bahan Berbahaya Rambu Bahaya Bahan Korosif Rambu Bahaya Bahan Mudah Meledak Rambu Bahaya Bahan Penyebab Kanker Rambu Bahay Bahan Radioaktif Rambu Bahaya Kejatuhan Barang Rambu Bahaya Biologi Rambu Bahaya Kebisingan Tinggi Rambu Area Laser Rambu Bahaya Pernafasan Rambu Bahaya Benda Tajam Rambu Bahaya Bahan Beracun Rambu Bahaya Cairan Panas Rambu Bahaya Lalu-lintas Forklift Rambu Bahaya Gas Bertekanan Rambu Hati-Hati Bahaya Rambu Bahaya Kepala Terbentur Rambu Bahaya Hati-hati Ketinggian Lantai Rambu Bahaya Perairan Dalam Rambu Bahaya Medam Magnet Tinggi Rambu Bahaya Bahan Mudah Terbakar Rambu Bahaya Mesin Menyala Otomatis Rambu Bahaya Bahan Oksidator Rambu Bahaya Area Pengangkatan Crane Rambu Bahaya Permukaan Panas Rambu Bahaya Radiasi Rambu Bahaya Tangan Terjepit Rambu Bahaya Terjatuh dari Tangga Rambu Bahaya Listrik Tegangan Tinggi Rambu Bahaya Temperatur Ruangan Rendah Rambu Bahaya Terjatuh Rambu Bahaya Roda Gigi Terbuka Rambu Bahaya Terpeleset Rambu Bahaya Tersandung 

Pentingnya Penerapan K3LH

industrial background
K3LH (Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Lingkungan Hidup) adalah Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup pada suatu perusahaan atau instansi lain yang memiliki banyak pekerja atau karyawan. Atau definisi k3LH yang lainnya adalah suatu upaya perlindungan agar karyawan/tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama melakukan pekerjaannya di tempat kerja termasuk juga orang lain yang memasuki tempat kerja maupun proses produk dapat secara aman dalam produksinya
K3LH merupakan hal penting dalam membangun industri. Pertumbuhan dan pembangunan industri banyak menimbulkan masalah terhadap manusia di setiap negara. Contohnya adalah kecelakaan kerja, bermacam penyakit akibat kerja, dan dampak lingkungan dari adanya industri.
Manfaat dan Tujuan K3LH :
Dengan program K3LH, pekerja dan perusahaan bisa menikmati manfaatnya. Perusahaan akan menjadi lebih bermutu dan sistematis untuk berkembang lebih cepat, dan pekerja menjadi lebih aman, lebih sehat dan nyaman. Jika kenyamanan dalam bekerja bisa terwujud, akan tercipta hubungan yang lebih harmonis antara para pekerja dan perusahaan tempat mereka bekerja sehingga menghasilkan produk yang maksimal sesuai misi perusahaan.
Tujuan k3LH yaitu:
• Melindungi tenaga kerja/karyawan atas hak keselamatannya, ketika melakukan pekerjaannya untuk kesejahteraan hidup maupun meningkatkan produksi dan produtivitas nasional.
• Memeliharan sumber produksi, agar bisa digunakan secara aman dan juga efisien.
• Menjamin keselamatan setiap orang lain yang berada di tempat kerja.
Agar industri bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat dan baik, maka sistem kerja di setiap industri harus diatur dan dirancang dengan memperhatikan K3LH dan para pekerja. Karena setiap pekerja atau buruh mempunyai hak untuk memeroleh perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja, moral, dan kesusilaan serta perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai agama.
3 Alasan Utama Mengapa Suatu Perusahaan Melaksanakan K3LH yaitu, diwajibkan oleh Undang-undang Tenaga Kerja, Sebahgai Hak asasi manusia, dan Mengurangi beban ekonomi para pekerja
Keuntungan dari penerapan K3LH adalah terciptanya hasil kerja yang optimal, karena suasana kerja yang nyaman akan menghasilkan produksi yang lebih banyak dan lebih bermutu. Jadi program K3LH ini bisa mempengaruhi kuantitas dan kualitas hasil produksi. Perusahaan yang menerapkan program K3LH biasanya mengaplikasikan K3LH di lingkungan perusahaan.
Cara menerapkan K3LH, diantaranya :
• Memberikan fasilitas seragam kerja dan sepatu keselamatan (safety shoes) dan mewajibkan seragam dan sepatu keselamatan tersebut untuk dipakai oleh semua pekerja yang terlibat dalam produksi, bengkel dan lapangan.
• Memasang atribut K3LH seperti tulisan yang mengingatkan pekerja untuk selalu sadar akan keselamatan, kesehatan dan kebersihan di lingkungan perusahaan. Maksud dari atribut K3LH ini adalah menghindari bahaya atau kesalahan yang bisa berakibat fatal. Maksud lainnya adalah memperhatikan kebersihan di lingkungan perusahaan, menciptakan suasana yang lebih nyaman dan bersih.
• Memisahkan sampah organik (contoh : sampah dari tumbuhan dan kertas) dan bukan organik (contoh : sampah dari plastik).
• Menerapkan K3LH dalam prosedur dan sistem kerja. Manajemen perusahaan mengupayakan para karyawannya dengan memberi petunjuk tentang K3LH supaya para pekerja memahami pengertian K3LH dan menerapkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar